Pelajari Cara-Cara Sederhana Ini Agar Aman Saat Menyambung Kabel

Dalam instalasi listrik untuk keperluan rumah tangga biasanya orang akan memanggil tukang listrik untuk mengurus semuanya mulai dari pengadaan alat hingga pemasangannya. Namun kadangkala ada hal-hal sederhana yang sebenarnya dapat dilakukan secara mandiri asalkan Anda tahu teknik-teknik melakukannya secara aman. Misalnya saat Anda perlu menyambung kabel listrik. Dalam menyambung kabel ada hal-hal yang harus diperhatikan agar sambungan listrik dapat menghantarkan arus dengan benar dan aman. Ada beberapa cara penyambungan kabel yang lazim digunakan oleh kontraktor ME. Simak ulasan berikut untuk teknik penyambungan kabel sederhana secara mandiri apabila suatu saat diperlukan.

Cara-Cara Lazim Untuk Menyambung Kabel

Ada 5 metode yang biasa digunakan untuk menyambung kabel dengan baik dan aman:

1. Metode Pig Tail

 

Cara menyambung dengan metode pig tail atau ekor babi ini adalah yang paling sederhana juga cepat. Disebut demikian karena memang hasil akhir yang dihasilkan menyerupai ekor babi. Yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan metode ini yakni mengelupaskan kedua kabel yang ingin disambung kira-kira sepanjang 2 – 3 cm masing-masingnya hingga tampak bagian inti kabel. Kemudian kedua inti kabel tersebut disilangkan hingga membentuk huruf X, selanjutnya ujung inti kabel dipuntir secara bersamaan hingga sulit untuk dilepaskan.

2. Metode Bell Hangers

 

Pada metode ini, kabel yang dikupas lebih panjang daripada metode pig tail dikarenakan kedua kabel akan disambungkan dengan dipuntir secara masing-masing pada inti kabel satu dengan yang lainnya. Caranya yakni kedua kabel dihadap-hadapkan secara berlawanan dan masing-masing inti kabel dibengkokkan membentuk huruf L kira-kira sepanjang 1,5 cm dari ujung. Kedua kabel yang masing-masing sudah membentuk huruf L ini saling dikaitkan kemudian masing-masing dipuntir hingga ujung. Cara ini sedikit lebih memakan waktu dibanding pig tail namun dinilai lebih rapi dalam penyambungan.

3. Metode Western Union

 

Untuk menggunakan metode ini, kabel yang dikelupas harus lebih panjang lagi, kira-kira 5 hingga 7 cm. Caranya kurang lebih hampir serupa dengan metode Bell Hangers dimana masing-masing inti kabel saling dipuntir antara yang satu dengan yang lainnya. Namun metode ini menghasilkan hasil akhir puntiran inti kabel yang lebih panjang dan tampak lebih padat dan sulit terlepas.

Baca juga: Hadirkan Gorden Dari 3 Bahan Ini Untuk Kesan Ruangan Bergaya Klasik

4. Metode Britania

 

Metode ini juga sama-sama menggunakan teknik puntir hanya saja yang dipuntir bukan kabel inti yang ingin disambungkan, melainkan kawat tembaga yg terpisah. Metode ini biasanya digunakan apabila kabel yang akan disambungkan lebih besar ukurannya. Cara kerjanya yakni kedua kabel yg sudah dikelupas hingga ke inti kabel saling disatukan dengan ditempel sejajar namun berlawanan arah. Kedua ujungnya ditekuk sedikit. Kemudian ikat kedua kabel tersebut dengan memuntir kawat tembaga sebagai pengikatnya hingga ke bagian yang dibengkokkan pada masing-masing inti kabel.

5. Metode Sambungan Percabangan Datar

 

Dengan metode ini, Anda dapat menyambungkan lebih dari 1 inti kabel ke kabel lainnya. Cara kerjanya yakni kelupas salah satu kabel pada bagian tengahnya hingga terlihat inti kabel di bagian tengahnya. Kemudian kelupas juga kabel yang ingin ditempelkan ke kabel tersebut pada bagian ujungnya. Bagian inilah yang nanti dipuntir ke bagian kabel yang dikelupas di tengah. Cara ini memungkinkan Anda menggabungkan 2 hingga 3 kabel sekaligus.

Itulah 5 cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menyambung kabel dalam instalasi listrik. Cukup mudah bukan? Kini Anda tidak perlu terburu-buru lagi memanggil kontraktor ME untuk pekerjaan yang sederhana ini. Anda dapat melakukannya secara mandiri untuk sambungan kabel di rumah terutama untuk kondisi yang mendesak.