Lakukan Perbaikan Dinding Sebelum Pasang Wallpaper Untuk Hasil yang Maksimal

Saat ini wallpaper sudah semakin populer digunakan untuk mendekorasi dinding ruangan. Dengan banyaknya corak, motif, dan model wallpaper yang tersedia di agen jual wallpaper dinding, membuat wallpaper dapat digunakan di semua jenis desain interior.

Pasang Wallpaper

Bukan hanya sekadar menutupi dinding, wallpaper juga mampu membuat tampilan ruangan lebih menawan. Terlebih lagi, wallpaper dapat mendukung gaya desain interior yang diterapkan di dalam sebuah ruangan. Dengan pemilihan jenis wallpaper dinding yang tepat, maka akan menciptakan desain interior yang sempurna.

Misalnya dengan memilih motif batik untuk desain tradisional, motif atau warna emas uintuk desain klasik. Bahkan wallpaper bergambar dinding bata merah atau kayu, jika hendak menciptakan desain industrial atau rustik. Pada akhirnya, pemasangan wallpaper juga bisa menjadi solusi efisiensi budget Anda untuk menciptakan ruangan impian. Tentunya, harga wallpaper dinding juga bermacam-macam tergantung jenisnya.

Tips Pemasangan Wallpaper

Proses pemasangan wallpaper bisa dikatakan susah-susah gampang. Selain harus bisa mengukur dengan tepat, harus dipastikan bahwa lem bisa merekatkan wallpaper dengan permukaan dinding secara baik.

Maka dari itu, sebelum melakukan pemasangan wallpaper, sangat penting sekali mengecek kondisi dinding. Terlebih lagi, pastikan juga permukaan dinding sudah siap dipasangi wallpaper, yakni dalam kondisi bersih dan juga rata.

Jika ternyata kondisi dinding belum semnpurna, maka sebaiknya lakukan dulu perbaikan terhadap dinding sebelum memasang wallpaper. Hal ini sangat penting, karena jika permukaan dinding rusak, berapa pun harga wallpaper dinding yang Anda miliki, tidak akan bisa terpasang dengan baik.

Memaksakan memasang wallpaper pada permukaan dinding yang rusak, akan membuat hasilnya jauh dari harapan. Kalau sudah begitu, akan sulit sekali membukanya kembali karena hanya akan membuat wallpaper dinding menjadi rusak.

Cara Membersihkan Dinding

Cara Membersihkan Dinding

Langkah pertama sebelum memasang wallpaper dinding, adalah mengecek kondisi dinding. Anda harus mengetahui masalah yang terdapat pada dinding, sehingga bisa melakukan cara tepat untuk dapat membersihkannya.

1. Dinding Dengan Masalah Jamur

Jika ternyata dinding rumah Anda bermasalah dengan jamur, maka ini harus diwaspadai. Sebaiknya, wallpaper tidak dipasang pada jenis dinding ini. Jamur umumnya muncul karena masalah dinding lembab. Maka sebaiknya kondisi ini diatasi terlebih dahulu.

Baca juga: Berikut Ini Keuntungan Menggunakan Pintu Dua Daun

Jika sudah bisa diatasi, misal dengan melakukan pengerikan jamur, penyemprotan anti jamur atau jika penyebab kelembaban bisa diatasi (ada pipa bocor, kurang ventilasi dll) maka wallpaper bisa dipasangkian. Tapi jika kondisi lembab tidak bisa diatasi, maka memasang wallpaper hanya akan membuatnya lebih mudah lapuk, dan ini tidak dianjurkan.

2. Dinding Pernah dipasangi Wallpaper

Jika sebelumnya dinding pernah dipasangi wallpaper, maka Anda harus memberishkan sisa wallpaper tak berbekas. Caranya:

  • Terlebih dahulu basahi dinding menggunakan air secukupnya
  • Diamkan sampai air benar-benar meresap sekitar 15 menit
  • Kelupaslah wallpaper lama perlahan-lahan hingga bersih tuntas.
  • Kerik dengan hati-hati jika masih ada wallpaper tersisa.

3. Permukaan Dinding Tidak Rata

Permukaan dinding yang tidak rata, maka solusinya adalah harus diratakan terlebih dahulu berdasarkan penyebabnya.

  • Jika terdapat retakan atau lubang pada dinding, maka Anda bisa memberikan dempul pada permukaan dinding, atau bisa juga dengan memberikan semen dan mengamplasnya hingga permukaan dinding rata.
  • Apabila disebabkan kotoran yang melekat pada permukaan dinding, maka Anda bisa menggunakan deterjen untuk membersihkannya. Sikat perlahan sampai noda menghilang. Setelah kering, Anda baru bisa memasangkan wallpaper pilihan yang Anda dapatkan dari agen jual wallpaper dinding favorit Anda.