Inspirasi Baru Untuk Restoran Dengan Gaya Industrial Ala Masa Kini

Saat ini gaya industrial dalam interior sebuah bangunan sedang sangat gandrung diminati, tidak terkecuali dengan restoran. Hal ini dikarenakan gaya industrial mampu memberikan perspektif yang unik di mata pengunjungnya. Untuk mengupayakan gaya ini, beberapa ruangan ada yang secara maksimal membuat interior yang nyata agar terlihat benar-benar industrial, ada pula yang hanya menggunakan wallpaper dinding dengan menambahkan sedikit dekorasi pada interiornya.

Restoran Dengan Gaya Industrial

Pada mulanya, gaya industrial ini mulai populer karena saat itu banyak pabrik-pabrik di Eropa yang terbengkalai. Agar tidak sia-sia, akhirnya pabrik-pabrik ini kemudian diberi beberapa sentuhan agar menjadi hunian yang nyaman dan layak. Sentuhan ini memang mengubah beberapa bagian namun tidak menghilangkan konsep utamanya, yaitu pabrik yang memiliki desain terbuka. Berangkat dari “keisengan” ini ternyata gaya sentuhan pada pabrik-pabrik ini mampu memberikan suasana baru dan unik pada dunia interior. Akihirnya hingga saat ini gaya industrial menjadi diminati, bahkan semakin diminati.

Adapun karakteristik dari gaya industrial sendiri adalah warna yang dipakai seringkali warna monokrom dan terkesan sangat maskulin, kemudian kerap menggunakan material yang terkesan kasar seperti baja, besi, logam dan sejenisnya serta bahan-bahan industri seperti kaca, kayu dan alumunium yang telah diolah. Selain itu pada gaya industrial, titik-titik yang biasanya ditutup justru kerap dibuka dengan berani seperti atap yang tidak ditutup dan batu bata yang kerap ditampilkan atau tanpa melalui proses finishing.

Inspirasi Restoran Bergaya Industrial

Restoran bergaya industrial akan menjadi restoran yang instragramable yang notabene sedang marak saat ini. Dengan menerapkan gaya industrial pada restoran, Anda dapat memperoleh pasar yang lebih luas. Untuk Anda yang masih bingung mengenai apa saja yang harus diterapkan pada interior agar gaya industrial semakin muncul dan kuat, jangan lewatkan inspirasi di bawah ini:

1. Kombinasi logam dan kayu.

Restoran Bergaya Industrial

Gaya industrial merupakan gaya yang kerap menampilkan dan mengkombinasikan hal-hal baru dengan hal-hal yang dianggap usang. Salah satunya adalah kombinasi kayu dan logam. Kombinasi kayu dan logam akan memberikan kesan yang sangat unik dan industrial sekali pada interior restoran sehingga pelanggan akan merasa puas.

2. Mengekspose batu bata untuk menunjukkan kesan pabrik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa gaya industrial adalah gaya yang kerap tidak melakukan proses finishing sehingga batu-bata akan terlihat jelas. Batu bata ekspose akan semakin memperkuat gaya industrial dan keunikan dalam restoran. Jika Anda terlanjur melakukan finishing pada tembok restoran Anda namun tetap ingin menampilkan batu bata ekspose, Anda dapat menggunakan wallpaper yang memiliki motif batu bata. Wallpaper jenis ini akan mudah Anda temukan di beberapa toko wallpaper dinding murah dengan harga wallpaper yang juga terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir kantong Anda terkuras.

3. Instalasi listrik dan pipa yang ditampilkan.

Gaya industrial adalah gaya yang kerap menampilkan interior yang “telanjang”. Salah satunya dalam bentuk menampilkan instalasi listrik dan pipa. Penampilan ini akan menambah keunikan dalam restoran. Namun tentu saja Anda juga harus mempertimbangkan keamanan, jangan sampai menonjolkan instalasi listrik jika pada akhirnya menyakiti pelanggan. Sebelum memasang dan menampilkannya, Anda harus memastikan terlebih dahulu jika model seperti itu akan aman.

Baca juga: Beragam Tips Khusus Sebagai Panduan Dalam Memilih Rockwool

4. Menggunakan semen “yang tidak selesai” pada dinding dan lantai.

Menonjolkan semen pada dinding dan lantai akan menunjukkan kesan unfinished di mana kesan tersebut merupakan kesan gaya industrial yang kuat. Menonjolkan semen di dinding dan di lantai dengan kata lain Anda tidak perlu melakukan pengecatan dan pemasangan keramik karena gaya industri memang dikonsep seperti itu.