Hadirkan Gorden Dari 3 Bahan Ini Untuk Kesan Ruangan Bergaya Klasik

Gorden dengan gaya klasik memiliki penggemarnya sendiri. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena gorden dengan gaya ini dinilai memberikan kesan mewah dan juga unik. Tak heran jika kemudian banyak yang menuju tempat jual tirai jendela terdekat untuk memperoleh gorden ini.

Bagi penggemar gorden klasik sebenarnya ada beberapa bahan yang dinilai paling sesuai untuk gorden dengan jenis ini. Total akan ada tiga kain yang dibahas di sini. Untuk lebih lengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Bahan Tepat Untuk Gorden Gaya Klasik

Kali ini akan dibahas 3 bahan yang cocok digunakan untuk gorden dengan gaya klasik. Ketiga bahan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Satin

 

Bahan yang pertama biasa digunakan sebagai gorden dengan gaya klasik adalah satin. Kain satin memang dinilai memiliki nilai plus tersendiri. Permukannya yang halus serta mengkilap membuatnya terlihat ‘mewah’ ketika digunakan sebagai gorden.

Pemilihan gorden dengan bahan satin cocok untuk digunakan di jendela-jendela tinggi. Gorden satin akan menjuntai cantik ketika dipasangkan pada jendela-jendela tinggi. Selain memiliki kelebihan di pada bagian tampilannya, gorden ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau lho.

2. Brukat

 

Bagi yang ingin membuat gorden klasik dengan harga terjangkau selanjutnya dapat memanfaatkan kain brukat. Penggunaan kain brukat atau yang dikenal dengan kain renda ini bukan tanpa alasan. Melainkan ia dapat memberikan ‘motif’ berbeda yang cantik dan juga terkesan klasik.

Baca juga: Ingin Merancang Kamar Untuk Si Buah Hati? Coba Baca Dulu Hal-Hal Penting Berikut Ini

Bahkan bahan brukat ini juga dapat dipadukan dengan bahan lain untuk menghasilkan gorden yang lebih cantik. Hanya saja ingat jika gorden dari brukat tanpa campuran bahan lain akan membuat cahaya matahari lebih leluasa masuk ke dalam ruangan. Pasalnya brukat memiliki pori-pori yang cukup besar jika dibandingkan bahan-bahan lainnya.

3. Blackout

 

Gorden klasik selanjutnya dapat dibuat dari bahan blackout. Kain blackout ini memiliki nilai lebih dari ketebalan yang dimilikinya. Di sisi lain ia juga memiliki kelebihan lain yaitu pada masalah tekstur kainnya. Kain yang satu ini meskipun tebal namun fleksibel serta mudah untuk dibentuk dan di jahit.

Selain mudah dibentuk dan dijahit, kain ini juga lembut serta halus. Untuk membersihkan gorden dari bahan blackout juga cukup mudah. Selain digunakan untuk gorden dengan gaya klasik ada banyak juga yang menggunakan gorden ini untuk ruangan dengan tema minimalis. Tak heran jika kemudian banyak tempat jual gorden minimalis yang menyajikan gorden dengan bahan blackout.

Cara Memilih Bahan Gorden Gaya Klasik yang Tepat

Ketiga pilihan kain di atas cocok digunakan untuk gorden dengan gaya klasik. Selain ketiga kain tersebut sebenarnya masih ada banyak pilihan kain lainnya yang dapat digunakan untuk membuat gorden dengan gaya klasik.

Namun, sebaiknya tidak boleh asal dalam memilih bahan gorden. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya bahan gorden juga berpengaruh terhadap tampilan ruangan nantinya. Jadi bagaimana cara memilih bahan gorden yang terbaik? Inilah beberapa kiat yang dapat dilakukan.

  • Untuk memilih bahan gorden yang tepat harus menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan yang ada. Misalkan ruangan yang menghadap sumber cahaya sehingga dinilai terlalu terang pada malam hari, membutuhkan gorden dengan kain blackout untuk memblokir cahaya yang masuk.
  • Selain itu jangan lupa juga sesuaikan dengan tema ruangan. Ingat jika tidak semua jenis kain gorden cocok untuk digunakan di semua jenis ruangan. Pasalnya ada beberapa tema ruangan yang tidak cocok ketika diterapkan jenis kain tertentu.
  • Masalah keawetan bahan juga harus dipertimbangkan ketika memilih gorden. Ini juga berhubungan dengan tempat peletakan gorden tersebut nantinya.

Gorden dengan gaya klasik menjadi salah satu jenis gorden yang cukup banyak diminati. Kehadiran gorden ini dinilai mampu memberikan kesan ‘mewah’ tersendiri di dalam ruangan. Ketika memilih gorden dengan gaya klasik selain mempertimbangkan masalah model juga sebaiknya mempertimbangkan masalah bahan. Tak ada salahnya menanyakan hal ini pada pihak tempat jual tirai jendela yang jadi tujuan ketika akan membeli nantinya. Jadi gorden dengan bahan dan model yang tepat pun dapat diperoleh.