Cerdas Kenali Masalah Plafon Dan Solusinya!

Plafon adalah bagian rumah yang paing harus diperhatikan kondisinya. Sebab kerusakan plafon seringkali melebar kemana-mana dan skalanya menyeluruh kebagian lain dari rumah. Baik penggunaan plafon akustik murah ataupun mahal, bila ada kerusakan maka harus lekas dibenahi sebelum menyebabkan kerusakan di bagian lain.

Plafon

Kerusakan Plafon dan Solusinya

Idealnya, plafon rumah memiliki dual fungsi sebagai elemen dekorasi dan juga mengatur peredaran udara dalam rumah. Ada banyak yang jual plafon akustik dari yang simple sampai yang palin dekoratif. Bahkan, bentuknya bisa disesuikan dengan selera dan bahkan bisa dibuat sesuai pesanan. Namun saat ada kerusakan pada plafon, berarti juga bisa ada masalah dari atap dan juga bisa mempengaruhi keseluruhan konstruksi. Berikut beberapa masalah plafon dan penyelesaiannya.

1. Sambungan plafon retak

Ada banyak material plafon dari mulai gypsum yang mudah didekorasi sampai kayu yang hangat. Bila ada retakan pada bagian sambungan plafon sebaiknya segera diperbaiki sebelum semakin besar dan buat plafon rubuh. Tergantung besar kecilnya retakan, solusinya disesuaikan dengan bagian yang retak. Kalau retakan hanya segaris rambut maka dapat menggunakan compound untuk menutupinya. Keretakan besar bisa jadi ada kesalahan struktur. Kalau sudah demikian maka harus dilakukan pembongkaran plafon.

2. Plafon Bergelombang

Masalah lain yang bisa timbul pada plafon adalah bentuknya yang tidak rata. Plafon yang bergelombang biasa buat plafon retak atau bisa juga rubuh. Masalah seperti itu disebabkan kesalahan pada rangka. Sayangnya pemasangan ulang adalah satu-satunya solusi. karena bentuk yang melengkung adalah masalah yang timbul dari pemasangan dan tidak ada solusi lainnya. Itulah pentingnya menggunakan jasa pemasangan plafon yang terpecaya dan dapat meminimalisir kesalahan pemasangan.

3. Plafon Bocor Atau Ada Rembesan Air

Bagian plafon menutupi kerangka bangunan dan juga emnghalagi pandangan dari menatap atap langsung. Jadi, bila ada kebocoran, maka harus diperiksa dari bagian atas plafon sampai ke atap. Bisa saja ada genting yang bergeser atau pelapis yang bocor. Setelah memeriksa semua kerangka atasnya, gunakan lapisan waterproofing untuk memberikan perlindungan ganda pada bagian plafon agar tidak bocor.

Baca juga: 7 Model Lemari Pakaian Minimalis Sesuai Kebutuhanmu!

4. Plafon Yang Berlumut

Plafon yang lelbab karena musim hujan bisa disebabkan adanya rembesan air yang tidak terlihat dari bawah plafon. Bila dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan tumbuhnya lumut yang menyebarkan bau tidak sedap dan juga tampilan langit-langit yang gak banget! Atasi masalah itu dengan pengecatan ulang setelah menutup semua bagian yang lembabnya dengan lapisan anti air. Dengan begitu, plafon anda akan senantiasa kering dan jauh dari lumut yang menganggu.

5. Plafon Diserang Rayap 

Ada jenis plafon tertentu yang rentan terhadap rayap dibandingkan material lain, seperti bahan kayu atau multipleks. Itu lah sebabnya pemasangan plafon kayu sering kali juga disertai dengan lapisan anti rayap selain menggunakan waterproofing sebagai bantuan untuk kedap air. Penangannya bila ada rayap pada plafon maka perlu dilakukan pembasmian rayap sampai tuntas. Jangan biarkan rayap berkembang biak karena bisa merusak bagian pafon dan menyebakannya roboh.

Plafon yang cantik pada langit-langit akan menambah keindahan interior ruangan. Oleh karena itu, pemeliharaan dan perawatannya sehari-hari sangat penting agar posisi plafon tidak berubah atau bisa buat bagian rumah lainnya ikut rusak. Pemeriksaan secara kontinu dengan mengunakan tenaga ahli adalah perawatan terbaik untuk merawat hunian agar selalu asri dan tidak sering rusak.