HAB

5 Cara Memasang Gorden yang Baik dan Benar

Memasang gorden sendiri terdengar mudah untuk dilakukan, sayangnya ketika praktek banyak orang yang mengalami kesulitan, sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasangnya.

Alasan inilah yang membuat orang lebih memilih menggunakan jasa pasang dari pada pasang sendiri. Tapi memasang sendiri jauh lebih murah, menyenangkan, dan merasa puas.

Tahap Cara Memasang Gorden Dengan Baik

Gorden minimalis banyak digunakan pada rumah atau ruangan modern, biasanya dipasang pada jendela, pintu, atau sebagai penyekat ruangan, sebab material gorden ringan, motif bervariasi, harga terjangkau, serta mudah dibersihkan.

Namun pemasangan yang salah justru bisa merusak gorden. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan mari ikuti langkah hargaagenbangunan.com di bawah ini :

1. Menentukan ukuran

Gorden baru akan terlihat indah jika ukurannya pas dengan tempat yang akan dipasangi, tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek. Untuk itu anda perlu melakukan proses pengukuran terlebih dahulu. Proses ini bisa anda skip jika memesan gorden di toko yang jual gorden minimalis karena biasanya mereka menyediakan jasa pengukuran gratis.

Setelah memesan dan akan ada petugas yang datang untuk mengukur, baru kemudian menentukan motif dan harga. Selain ukuran gorden yang harus diperhatikan adalah ukuran tiang, tiang tidak boleh terlalu pendek maupun terlalu panjang, jika pintu memiliki panjang 50 cm maka panjang tiang adalah 60 cm.

2. ​​​​​Menentukan jenis tiang (batang) dan cincin gorden

Gorden minimalis tidak akan terpasang jika tidak memiliki batang serta cincinnya. Pemilihan tiang pun tidak sembarangan sebab tiang memegang peranan penting, selain sebagai tempat menggantungkan, rel yang terdapat pada tiang juga berfungsi untuk membuka dan menutup gorden.

Baca juga: Roller Blind atau Gorden yang Lebih Menarik, Apa Bedanya?

Ada 2 jenis rel tiang yaitu rel silinder dan batang. Biasanya toko yang jual gorden minimalis juga menyediakan berbagai macam jenis batang seperti pipa bergaris, pipa uril, pipa kristal gold dan masih banyak lagi lengkap dengan ring dan hooknya. Lebih baik membeli sepaket agar lebih praktis dan mudah saat proses pemasangan.

3. Peralatan

Setelah semua siap yang harus anda siapkan selanjutnya adalah peralatannya yaitu sebagai berikut:

  1. Bor listrik, digunakan untuk membuat lubang pada dinding beton sebagai tempat masuknya paku atau baut. Menggunakan bor listrik jauh lebih cepat dan rapi serta mengurangi resiko beton rusak.
  2. Gerinda. Alat potong ini bisa anda gunakan untuk memotong tiang  kotak.
  3. Palu, digunakan untuk menancapkan baut atau paku agar menanam dalam dan kuat.
  4. Tangga. Digunakan sebagai alat pijakan, sebab tempat pemasangan gorden biasanya berada di tempat yang tinggi.
  5. Kabel rol. Digunakan untuk menghidupkan bor listrik, sebab proses pengeboran dilakukan spontan ketika gorden hendak dipasang.

4. Perhatikan posisi gorden

Sebelum memasang gorden perhatikan terlebih dahulu mana yang depan dan belakang, biasanya orang sering salah dalam membedakan bagian ini terutama bagi mereka yang tak terbiasa.

Pada bagian depan gorden warna kain terlihat lebih mengkilap, jika diraba terasa halus, dan tidak terlihat bekas jahitan, sedangkan pada bagian belakang warna kain lebih kusam, jika diraba lebih kasar, dan terlihat list jahitan pada pinggir atau pada sambungan gorden.

5. Cek posisi dan kerapian gorden

​​​​​​Posisi pemasangan yang pas sangat berpengaruh pada view ruangan. Gorden minimalis yang dipasang di atas frame atau kusen bisa memunculkan efek ruangan menjadi lebih luas. Terlebih jika kain gorden sedikit menjuntai ke bawah kesan elegan pun sukses tercipta.

Setelah gorden selesai dipesan jangan lupa untuk mengecek posisi dan kerapiannya, apakah sudah pas berada dalam ring, miring atau tidak, ada kotoran yang menempel atau tidak dan lain sebagainya.

Exit mobile version