Bingung pilih jenis AC untuk ruangan Anda? Cek di Sini untuk Infonya!

Indonesia adalah negara dengan iklim sub-tropis, musim-musim yang dimilikinya adalah musim kemarau dan musim penghujan. Namun, akhir-akhir pergantian musim tidak dapat ditebak atau diperkirakan dengan tepat. Terkadang musim hujan begitu panjang atau sebaliknya, musim kemarau berkepanjangan dalam satu tahun selama berbulan-bulan. Tentunya kita perlu merasa nyaman saat musim kemarau dengan suhu udara yang sangat tinggi. Keberadaan pengatur suhu ruangan atau air conditioner (AC) menjadi salah satu kebutuhan dalam ruangan di rumah Anda.

Kenali Jenis AC Terbaik untuk Anda!

Berbagai jenis AC ditawarkan di pasaran dengan ukurannya yang berbeda-beda. Kita kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya untuk memudahkan Anda memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. AC Paten atau Split

AC Paten atau Split   AC Paten atau Split
AC Paten atau Split adalah AC yang dipasang secara permanen pada ruangan Anda. Biasanya dipasang pada tembok atas pada sisi tertentu untuk memastikan penyebaran angin pada ruangan. Tersedia berbagai ukuran pada jenis AC ini. Terdapat banyak sekali varian AC paten, seperti tipe split wall, cassete, dan lain-lain. Namun salah satu yang menjadi favorit adalah AC Inverter. AC Inverter adalah AC yang mampu mengontrol gerak kompresornya paling optimal. AC inverter terbaik mampu menyesuaikan kecepatan kompresor sesuai dengan suhu ruangan. Apabila suhu ruangan sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka AC ini akan memperlambat gerak kompresor dan akan menjaga agar ruangan tetap pada suhu tersebut. Oleh karena itu, AC Inverter mampu menghemat listrik dan akan menghemat biaya listrik bulanan Anda! AC Inverter biasanya memiliki harga yang lebih mahal, tetapi biaya bulanan untuk listrik akan lebih murah. Selain kelebihan-kelebih tersebut, AC Inverter lebih ramah lingkungan dengan teknologi ozone friendly.

2. AC Portable

AC Portable
AC Portable atau dikenal juga dengan AC duduk, adalah AC yang dapat dapat dibawa kemana-mana. Bukan dibawa dalam tas Anda, namun dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya, AC ini memiliki roda dibawahnya untuk memudahkan pemindahan. Jenis AC ini akan sangat efisien bagi Anda yang memiliki rumah tidak terlalu besar dan tidak memiliki banyak anggota keluarga karena tidak semua ruangan perlu diberikan AC. Cukup satu unit untuk dipakai dan dapat dengan dipindahkan ke ruangan lain jika Anda juga berpindah ruangan. AC ini akan sangat cocok untuk digunakan di dalam kamar kost. Ukuran yang kecil pun pasti sudah cukup mendinginkan kamar kost yang pada umumnya tidak terlalu besar. AC tersebut pasti mencukupi kebutuhan Anda dan membuat Anda tetap nyaman sejuk.

3. Standing Floor

Standing Floor
AC ini sering dapat Anda temukan di lokasi-lokasi acara atau event seperti resepsi pernikah, dan lain-lain. Seperti AC portable, AC ini juga cukup mudah untuk dipindahkan, namun kebanyakan tidak memiliki roda dan ukurannya lebih besar daripada AC Portable. Karena kemudahannya, AC ini sering disewakan untuk event atau acara yang membutuhkan pendinginan ruangan, walaupun ada juga yang menggunakan untuk di rumah tetapi jarang. Untuk penggunaan di dalam rumah, AC paten atau AC duduk lebih sering dipilih.

Baca juga: Sulap Hunian Anda Tampak Mewah Dengan Batu Marmer

Harga dari setiap AC yang berbeda tersebut tergantung oleh banyak faktor. Seperti misalnya merk, tahun produksi, teknologi pada setiap unit, ukuran PK, dan lain-lain. Karena itu, usahakan untuk membandingkan harga dengan cermat dan pilihlah yang paling sesuai dengan kriteria Anda. Jangan lupa untuk tentukan terlebih dahulu kegunaan dari AC tersebut untuk dijadikan pertimbangan untuk alternatif pilihan AC Anda.