3 Tren Meja Kantor Ala Milenial

Meja Kantor Ala Milenial

Salah satu perabotan yang menunjang pekerjaan sehari-hari di tempat kerja kita tentu adalah meja. Seperti pada umumnya, sebuah meja selalu menjadi tempat seseorang  menghabiskan waktu hampir setengah hari dari rutinitasnya untuk bekerja, menyelesaikan tugas dan membuat semua rencana manajerial. Di era maju seperti sekarang, kaum milenial mulai meninggalkan gaya meja kantor konvensional dan mulai bergeser untuk memperhatikan detail dari sebuah meja dari segi bentuk, desain dan ukuran karena akan mempengaruhi efektifitas gerak, pemenuhan efisiensi ruang kerja sampai dengan peningkatan mood kerja.

Penentuan ukuran meja kantor menyesuaikan luas ruangan.

Dalam penentuan ukuran meja kantor sebenarnya cukup relatif tetapi sebaiknya selalu memperhatikan perbandingan luasan ruangan sehingga tidak mengganggu kinerja atau ruang gerak setiap personal didalamnya. Penyesuaian ukuran meja juga tergantung dari sistem organisasi yang ada. Jika dalam bentuk tim, maka bisa menggunakan ukuran yang besar atau panjang. Tetapi, jika pekerjaan mengutamakan kemampuan individu seperti designer dan arsitek maka perlu sebuah meja yang mandiri dengan luasan yang cukup serta desain yang menarik. Berikut macam-macam desain meja yang dapat menjadi pilihan para milenial.

1. Mengaplikasikan desain meja artistik pada ruang semi indoor

desain meja artistik pada ruang semi indoor

Desain meja biro berwarna maple dan grey sudah puluhan tahun digunakan oleh mayoritas kantor di seluruh penjuru dunia. Semua ini dikarenakan fungsi, bentuk dan harga yang sangat terjangkau. Tetapi hal ini sudah tidak lagi menjadi faktor pertimbangan yang mendasar bagi kaum milenial, desain meja yang artistik menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan semangat dalam bekerja, salah satunya adalah bentuk artistik dengan corak kayu menjadi pilihan untuk kaum milenial dalam mencari ide serta pemikiran inovatif dalam bekerja.

Kaum milenial sudah tidak memerlukan sebuah laci dan rak dokumen diatas meja kantor yang konvensional karena pekerjaan kaum milenial pada umumnya berbasis internet, semua tugas dikerjakan menggunakan komputer dan dikirim melalui email. Hal ini sekaligus menjadi langkah nyata untuk menekan penggunaan kertas sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap isu global warming.

Desain meja dengan bahan dasar kayu sangat cocok digunakan pada ruangan berkonsep semi indoor dengan mengoptimalkan pencahayaan dari sinar matahari pada siang hari ddapat membuat suasana ruang kerja menjadi terasa seperti di tengah hutan, sehingga kedekatan perasaan dengan alam dapat meningkatkan semangat sekaligus meminimalisir potensi stress berlebih.

2. Memilih desain meja futuristik yang meningkatkan efisiensi kerja

desain meja futuristik

Kemajuan teknologi dapat berpengaruh dalam penentuan desain meja kantor, desain yang futuristik menjadi salah satu bentuk gaya yang diterapkan kaum milenial untuk membuat suasana kerja menjadi lebih enerjik dan semangat.

Desain meja yang futuristik lebih menyenangkan dipakai oleh kaum milenial karena selain berguna untuk bekerja. Desain ini sudah menghilangkan unsur kaki meja, laci serta aksesoris yang pada umumnya dipakai karena unsur itu membuat ruangan menjadi penuh dan terasa sesak dan mempersempit ruang gerak personalnya. sedangkan desain meja futuristik dapat memberikan unsur kelegaan karena banyak ruang kosong yang terlihat, ditambah lagi dengan bentuk yang unik serta cita rasa seni tinggi sehingga membuat nyaman serta meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

3. Menggunakan desain meja minimalis ala kantor startup

desain meja minimalis ala kantor startup

Jika secara budget untuk membeli meja artistik atau futuristik belum terjangkau, salah satu alternatifnya adalah dengan memilih desain meja minimalis. Secara bentuk hampir menyerupai meja biro tetapi bedanya adalah meja ini tidak memiliki laci di bagian bawah yang pada umumnya dipakai dan jika meja ini diletakkan berhadap-hadapan, maka jarak antar kursi tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat. Kesesuaian jarak ini yang akhirnya dapat membangun komunikasi, kerjasama tim dan semangat secara sinergis tanpa harus khawatir kehilangan privasi untuk setiap personalnya.

Kebanyakan kantor startup besar yang umumnya memiliki karyawan milenial akan berada dalam satu ruangan besar dan meja kerja minimalis ini dipasang berjajar berhadap-hadapan tanpa sekat antar satu dengan yang lain.