Keunggulan Beton Ringan untuk Membuat Konstruksi Rumah sebagai Hunian yang Nyaman

Salah satu material yang digunakan untuk membangun rumah sangat banyak dan beragam, salah satunya adalah beton. Digunakan untuk membuat konstruksi rumah, beton terdiri dari banyak jenis jenis diantaranya, beton non pasir, beton silkop, beton hampa, beton pracetak, beton tulang, beton prategang, beton ringan dan masih banyak lagi lainnya. Sebagai salah satu beton dengan harga yang lebih murah dibanding lainnya, beton ringan, tetap unggul dari segi ketahanan.

 

Keunggulan Beton Ringan

Sesuai Namanya, Beton Ringan Benar-Benar Ringan

Beton ringan, dikalangan kontraktor lebih dikenal dengan istilah hebel. Berat jenis dari beton ringan sesuai dengan nama sebutannya yaitu ringan jika dibanding dengan beton-beton lainnya. Dibuat dari bahan-bahan seperti pasir, kapur, air, semen dan bahan lainnya, beton ringan disimpan dalam ruangan yang memiliki tekanan uap air. Beton ringan memang benar-benar ringan, hanya 600 hingga 1.600 kg setiap m3. Bahkan, jika dibanding dengan bata merahpun, beton ringan lebih sedikit satuan kilogramnya.

Beton Ringan Memiliki Banyak Keunggulan Lho!

Selain masa jenisnya yang memang cukup ringan, beton ringan memiliki beberapa keunggulan lain yang membuatnya menjadi primadona untuk membuat konstruksi rumah.

1. Mudah merekat.

Beton ringan sangat menguntungkan karena tidak perlu adukan semen dan pasir untuk merekatkannya satu dengan lain, seperti material batu bata. Beton ringan menggunakan material semen khusus untuk merekatkan bagian beton walaupun tidak ada campuran pasir. Sama halnya saat anda membuat epoxy lantai, tidak perlu memakai pasir, karena bahan kimia ini memiliki campurannya sendiri supaya dapat melekat dengan material lainnya. Sehingga, lebih menghemat pengeluaran.

2. Beton ringan mudah lebih mudah dibentuk.

Panel pada bagian dari beton ringan sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Memotong beton jenis ringan bisa dilakukan dengan durasi waktu yang cukup cepat dan tepat untuk membuat kontruksi rumah lebih kuat dan rapi. Bahkan tanpa menggunakan alat khusus untuk memotong, beton ringan bisa terpisah walau hanya dengan gergaji.

3. Tingkat akurasi yang sangat tepat.

Untuk memenuhi kebutuhan beton ringan sebagai bahan membuat konstruksi rumah, jumlah beton ringan bisa ditentukan dengan tepat karena tingkat akurasi sangat tepat. Beton ringan dibuat melalui proses pengolahan mesin yang sudah di seragamkan ukurannya, sehingga tidak ada satupun beton yang akan meleset ukurannya. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada beton ringan yang tersisa saat pembuatan konstruksi rumah.

Baca juga: Cari Desain Interior Unik Namun Berkelas? Pilih Saja Desain Dari Negeri Ginseng Satu Ini!

4. Tahan banting disegala cuaca, bahkan api.

Di buat dengan campuran bahan super, membuat beton ringan jadi lebih kuat dan tahan disegala cuaca. Bahkan beton ringan tahan terhadap api, sehingga apabila terjadi kebakaran, konstruk rumah tetap aman. Bayangkan saja apabila beton yang digunakan untuk membuat konstruksi terbuat dari beton yang tidak tahan terhadap cuaca dan kondisi apapun, pasti rumah akan mudah roboh. Ketahanan dari beton ringan pada api, berbeda dengan lantai epoxy yang tidak tahan dengan api dan mengalami kerusakan jika terkena cuaca tertentu.

Beton Ringan Bisa Dipilih Karena Keunggulannya Sangat Banyak dan Pasti Lebih Bermanfaat

Selain keunggulan di atas yang sudah disebutkan, beton ringan juga anti jamur dan serangga sehingga anda tidak perlu khawatir rumah jadi berkurang ketahanannya. Dengan anti jamur dan serangga yang dimiliki oleh beton ringan,maka membuatnya anti berkarat, tanpa rapuh dan anti bengkok. Sangat mengerikan apabila bahan yang dipakai untuk membuat konstruksi rumah terbuat dari bahan yang tidak berkualitas, pasti membuat rumah mudah roboh dan tidak kuat.