Kelebihan Pintu Kamar Mandi Plastik

Memilih pintu untuk berbagai ruangan di rumah tidak cukup hanya dilihat dari segi desain dan kesesuaiannya dengan ruangan saja. Lebih dari itu, material pintu adalah yang terpenting, seperti contohnya pintu kamar mandi. Kamar mandi sendiri merupakan ruang private yang rawan terkena air. Oleh karena itu, pintunya harus tahan lama dan tak mudah rusak. Salah satu bahan yang pas dan sering digunakan untuk pintu ini adalah Polyvinyl Chloride atau PVC. Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan PVC, simak dulu yuk kelebihan material ini.

Pintu Kamar Mandi Plastik

Kelebihan Material PVC

1. Proses Pemasangan yang Mudah

Jika mau dibandingkan dengan pintu aluminium, kayu, atau kaca, bahan PVC ini lebih ringan sehingga mudah untuk diangkut. Proses pemasangannya juga tidak perlu ribet menggunakan jasa tukang karena kamu bisa melakukannya sendiri. Menggunakan pintu PVC juga tak perlu mobil khusus karena kamu tau pintu tersebut tidak akan mudah rusak atau pecah.

2. Pintu Anti-karat dan Lapuk

PVC sendiri adalah material yang menyerupai plastik, sehingga meskipun intens terkena siraman air atau kondisi kamar mandi selalu lembab, ia tak akan lapuk. Beda halnya dengan pintu kayu yang cepat lapuk jika terkena air secara terus menerus. Atau mungkin pintu berbahan logam yang cepat berkarat dan keropos. Selain itu, material PVC juga tidak disukai oleh rayap, sehingga pintu kamar mandi ini akan bertahan hingga tahunan tanpa harus mengganti dengan yang baru. Material PVC ini memang lentur dan terlihat rapuh, akan tetapi hal tersebutlah yang membuat ia aman dibuka berkali-kali tanpa khawatir akan patah.

3. Pintu yang Sangat Mudah Dibersihkan

Pintu kamar mandi yang terbuat dari kayu atau logam mungkin membutuhkan cairan pembersih khusus untuk menjaga tampilannya tetap bersih. Berbeda dengan jenis plastik PVC ini yang hanya membutuhkan sabun, air, dan kain lap saja. Namun, membersihkan pintu ini juga harus dilakukan secara rutin, jika tidak maka pada bagian bawah yang sering terkena percikan air akan berlumut dan sangat kotor.

4. Desain yang Beragam Sesuai dengan Selera

Karena proses pembuatan pintu PVC ini menggunakan teknologi tinggi, maka ada banyak sekali pilihan desain yang bisa kamu beli dan sesuaikan dengan selera. Pintu PVC ini ada yang berkonsep polos, bergambar, bahkan ada pula yang dilengkapi dengan cermin di bagian dalam pintu. Warnanya juga ada bermacam-macam, rata-rata warna pintu soft dan tak terlalu mencolok di mata. Sebagai tambahan, semua pintu PVC ini mempunyai lubang sirkulasi udara, sehingga kamar mandi tidak akan pengap dan bau.

5. Harga Pintu Kamar Mandi yang Murah

Bahan baku pembuat PVC ini tersedia dalam jumlah banyak, oleh karena itulah pintu ini bisa diproduksi secara massal. Harga pintu kamar mandi jenis PVC yang ditawarkan kepada pembeli pun tergolong murah meriah dan tidak bikin kantong jebol. Tergantung dengan desain yang ada di bagian juga, tentu pintu dengan cermin lebih mahal daripada warna polos.

Akan tetapi meskipun digemari karena kelebihan di atas, ada beberapa pertimbangan yang juga harus kamu pikirkan saat ingin membeli pintu ini. Bahan PVC yang serupa dengan plastik membuat pintu ini tidak ramah lingkungan. Selain itu, pintu ini tidak cocok digunakan untuk ruangan yang berada di luar rumah. Sinar matahari yang intens akan membuat pintu mengalami degradasi, plus warna pintu akan pudar secara perlahan dan ketahanannya berkurang.