Jenis-jenis Rompi Safety yang Sering Dipakai Pekerja Proyek

Selain helm keselamatan (safety helm) perlengkapan yang sering kita lihat dipakai oleh para pekerja adalah rompi keselamatan (rompi safety), terlebih untuk mereka yang bekerja di luar ruangan. Rompi ini merupakan pakaian pelindung yang bisa membuat seseorang lebih merasa aman, juga meminimalisir terjadinya kecelakaan saat bekerja. International Safety Equipment Association (ISEA) atau American National Standards Institute (ANSI) telah menetapkan bahwa rompi ini menjadi salah satu pakaian pelindung yang harus dikenakan saat bekerja. Pakaian ini bukan hanya berwarna mencolok saja, tetapi juga terdapat fitur khusus. Nah, rompi ini terdiri dari beberapa jenis warna loh, simak ya!

Jenis-jenis Rompi Safety

Rompi Proyek Orange

Yang pertama ada rompi proyek yang berwarna orange. safety vest scot X atau yang disebut dengan Rompi jaring ini paling sering kita lihat di sekitar. Bahan rompi ini terbuat dari polyster, biasanya dipakai oleh mereka yang bekerja di pertambangan, atau bisa pula dipakai oleh para pengendara motor. Pada bagian depan serta belakang rompi ini terdapat scothlight tape, bahannya juga kuat digunakan dalam waktu yang lama.

Rompi Kerja Safety K3

Rompi Kerja Safety K3

Di Indonesia, rompi ini dilengkapi dengan lambang bendera merah putih. Ia mempunyai jaring 6 kantong serta logo K3. Tujuan banyaknya kantong rompi sendiri agar memudahkan para pekerja menyimpan barang-barang mereka. Warna yang tersedia untuk rompi jenis ini adalah hijau stabilo dan orange stabilo. Model rompi ini mempunyai resleting, tersedia all size untuk orang dewasa.

Rompi Proyek Warna Hijau

Berikutnya ada rompi safety yang berwarna hijau. Rompi ini dibuat dari bahan polyster, dilengkapi oleh visbilitas spotlight yang bisa memberikan perlindungan maksimal saat bekerja. Nah, meski namanya rompi proyek, ia tak hanya digunakan oleh pekerja konstruksi saja loh. Pakaian ini juga bisa dipakai oleh mereka yang bekerja sebagai petugas lalu lintas, penjaga keamanan, petugas kebersihan, bahkan pengendara motor. Ukuran yang tersedia mulai dari M hingga XXL.

Rompi Safety Warna Merah

Rompi Safety Warna Merah

Selanjutnya ada rompi safety dengan warna merah. Sama seperti rompi-rompi yang lain, pakaian keamanan ini dilengkapi dengan scotlight dan bisa menyala di dalam gelap. Selain dipakai oleh para pekerja proyek, rompi ini cocok dipakai untuk touring sepeda, serta petugas yang bekerja di bandara.

Rompi Proyek Krisbow

Kalau kamu bekerja di tempat yang minim pencahayaan, seperti petambangan misalnya, maka rompi ini bisa dipakai. Safety rompi krisbow ini dilengkapi dengan reflector yang membantu memantulkan cahaya. Rompi krisbow ini juga dibuat senyaman mungkin dari kain tenun, longgar, dan ada lubang-lubang yang berbentuk jaring hingga ia makin nyaman dipakai.

Kriteria Rompi yang Bagus untuk Keselamatan Pekerja

Ternyata di luar warna-warna yang ada di atas, ada kriteria tersendiri untuk rompi tersebut disebut sebagai pelindung yang bagus. Di antaranya:

  • Rompi tersebut tidak cacat sedikitpun
  • Jahutannya bagus dan kuat, agar rompi bisa dipakai dalam waktu yang lama
  • Harus ada bordir dan logo perusahaan di bagian depan atau belakang rompi
  • Kancing melekat dengan sempurna dan tidak rusak
  • Strip rompi dengan warna yang kontras, sehingga bisa memantulkan cahaya di area yang gelap
  • Model rompi yang mempunyai kantong tidak mengganggu kenyamanan pekerja

Nah, itulah informasi seputar rompi safety yang sering digunakan oleh para pekerja di luar ruangan. Rompi ini melindungi diri pekerja dari bahaya atau kemungkinan terjadinya kecelakaan saat mereka sedang bertugas.

 

Dapatkan harga rompi safety terbaik hanya di temtera.com!