Ingin Pintu Geser Tidak Macet Atau Berbunyi? Begini Cara Membersihkan Railingnya 

Mengaplikasikan pintu kaca geser kerap dilakukan oleh pemilik rumah yang luasnya tidak begitu besar. Sebab keberadaan pintu model ini menjadikan ruang lebih hemat karena digeser ke kanan dan ke kiri bukannya dibuka tutup seperti pintu konvensional. Selain untuk menyiasati ruangan yang sempit, pintu model ini juga lebih sedap dipandang.

pintu geser

Cara Membersihkan Rel Pintu Geser dari Kaca

Tidak hanya untuk rumah pribadi, biasanya pintu geser juga mudah dijumpai di perkantoran karena memang lebih modern dan elegan. Berhubung pintu ini tidak memakai kusen melainkan railing atau trek agar bisa digeser ke kanan dan ke kiri. Maka rentan rusak atau eror dan penyebab umumnya adalah karena railing yang kotor.

Maka wajib sekali untuk memperhatikan kebersihan rel dari pintu geser kaca semacam ini agar tidak berbunyi maupun seret. Lantas, bagaimana cara membersihkannya? Membersihkan railing cukup mudah dan agar efektif hanya perlu disapu memakai kuas. Sapukan kuas searah untuk memastikan debu dan kotoran lainnya berkumpul di satu titik dan mudah dikeluarkan.

Bagaimana jika nodanya membandel atau mungkin berkarat karena railing dibuat dari material logam bukan stainless? Jika mendapati adanya karat maka bisa memakai amplas, namun tuang dulu detergen ke dalam area railing tersebut. Awali dulu dengan disikat, bisa memakai sikat gigi bekas maupun sikat untuk baju.

Jika tidak mempan dibersihkan dengan detergen atau larutan detergen maka bisa mencoba menambahkan baking soda. Gosok kembali dan terakhir dibilas lalu dilap, jika dibersihkan dengan benar maka kerak atau karat tadi akan menipis. Bahkan bisa bersih total sehingga terlihat seperti baru kembali.

Bentuk Perawatan Rutin Lainnya

Selain dibersihkan secara rutin yakni sebulan sekali, pintu kaca geser juga perlu dirawat dengan baik dan benar. Bentuk perwatannya tak melulu hanya dibersihkan bagian railingnya, namun juga perlu melakukan beberapa hal berikut:

1. Dibuka secara total

Pintu model geser memang bisa dibuka sebagian saja, namun kebiasaan ini ternyata bisa membuatnya lekas seret. Bisa pula berbunyi nyaring ketika digeser dan mencegahnya adalah membiasakan untuk dibuka total. Buka sampai ujung untuk memastikan railing tidak kaku, berkarat, atau kotor berlebihan.

2. Hindari membuka atau menutup terlalu keras

Pernah tanpa sengaja mendorong pintu geser kaca terlalu kencang? Jika sesekali mungkin tidak berdampak apa-apa, namun akan sebaliknya jika terlalu sering. Adanya resiko bagian ujung pintu menggesek berlebihan di railing bisa membuatnya bengkok atau retak. Sehingga pintu bisa meleset, maka biasakan digeser perlahan sehingga menjadikannya tetap awet.

3. Bersihkan area kaca agar tidak buram

Pintu geser biasanya terbuat dari kaca untuk mendapatkan kesan elegan dan pencahayaan alami yang maksimal, meskipun ada yang memakai material kayu. Namun jika memakai kaca pastikan pula untuk membersihkannya rutin agar tidak mudah buram. Caranya bersihkan memakai rendaman air tembakau, takarannya 2 ons tembakau direndam ke 200ml air. Celupkan lap bersih ke dalamnya lalu gosok searah ke bagian kaca, maka akan membuatnya tetap bersinar.

Pintu model geser memang menarik untuk dipilih, namun pastikan paham cara merawatnya agar tetap awet dan tidak eror. Selain membersihkan area railing berikan pula perawatan lain sesuai uraian di atas, agar pintu kaca geser yang dimiliki awet.