Ciptakan Ruang Gym Berkelas Nan Hangat

Ruang gym merupakan tempat dimana Anda dan keluarga menghabiskan waktu untuk menyehatkan tubuh. Akan tetapi ruang gym terkadang begitu membosankan jika tanpa sentuhan baru selama bertahun-tahun. Itu artinya, ruang gym Anda harus diperbarui agar tampak lebih indah dan berkelas.

Beberapa tempat gym komersil telah mengaplikasikan lantai kayu ke dalam ruang olahraga. Tujuannya agar ruang olahraga terasa hangat, lebih indah, dan anti licin.

Parket merupakan kayu persegi yang dibuat khusus untuk melapisi permukaan lantai. Hasilnya, sepintas mirip dengan vinyl. Akan tetapi lantai parket memiliki karakteristik yang berbeda dengan vinyl. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang parket beserta keuntungannya bagi ruang gym. Dan akan ada beberapa tips seputar perawatan ubin kayu ini agar ruang olahraga terlihat indah dalam kurun waktu yang lama.

Ubin Kayu yang Sudah Dikenal Sejak Dulu

 

Ubin Kayu

Parket adalah mosaik geometris potongan kayu yang digunakan untuk efek dekoratif pada permukaan lantai. Pola lantai kayu ini diproduksi dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari bujur sangkar, segitiga, lozenges, dsb. Pola lantai parket kayu yang paling populer adalah motif herringbone, yakni pola persegi panjang yang dibentuk zigzag berlapis.

Masyarakat luas telah mengenal teknik ini sejak lama. Hal itu dicatat oleh arsitek asal Swedia bernama Daniel Cronström. Ia mengklaim bahwa lantai kayu ini telah digunakan sejak istana VersaillesPrancis, sebagai pengganti lantai marmer yang dianggap membuang banyak anggaran dalam perawatannya.

Memasangnya di Ruang Gym

lantai kayu tempat gym

Lantai kayu dapat membuat ruang gym di rumah Anda terlihat profesional dan elegan. Berkat dukungan busa yang inovatif, permukaan lantai ini lebih mudah menyerap goncangan dan sangat bersahabat bagi kulit. Sifat kayu yang hangat akan membuat kalori terbakar dengan baik dan dengan mudah memacu racun keluar melalui keringat.

Artikel menarik lainnya: Sering Dilupakan, Jenis Dekorasi Toko Ini Justru Dapat Menarik Pelanggan

Memasang lantai kayu di ruang gym setidaknya akan mencegah getaran bangunan saat Anda di atas perangkat treadmill, atau menjatuhkan alat beban tanpa sengaja. Memasang lantai ini di ruang gym akan mencegah adanya kerusakan struktur bangunan ketika permukaan lantai terbentur saat olahraga. Keuntungannya, lantai kayu ini tidak perlu dipel setiap hari dan tentunya menghemat air ketika membersihkan ruang gym.

Tips Perawatan

Merawat lantai kayu tentunya berbeda dengan lantai keramik. Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan agar ruang gym Anda terus terlihat apik. Berikut enam cara merawat lantai parket yang baik dan benar.

1. Batasi kelembaban

Saat Anda mengepel lantai atau membersihkan tumpahan, gunakan kain atau lap setengah basah. Dengan cara itu, Anda akan meminimalkan jumlah kelembapan lantai. Pastikan untuk menghapus tumpahan noda sesegera mungkin. Menyeka lantai secara teratur dengan kain kering selama musim hujan juga membantu menjaga lantai tetap kering.

2. Perlindungan dari kerusakan fisik

Lantai kayu rentan terhadap kerusakan fisik akibat beban yang berat.  Maka dari itu saat memindahkan perangkat olahraga, hindari teknik pemindahan dengan cara diseret. Usahakan mengangkat perangkat fitness dengan hati-hati agar permukaan lantai tetap awet. Jika terpaksa menyeretnya, gunakan pelapis yang sekiranya tidak menimbulkan goresan.

3. Membersihkan Lantai Parket

Pada dasarnya, metode pembersihan parket tergantung pada bahan yang digunakan pada finishing kayu. Untuk lantai dengan finishing poliuretan, mengepel atau menggunakan pembersih kayu keras khusus seminggu sekali sudah cukup untuk menjaganya agar tetap bersih. Lantai dengan pernis, pernis dan finishing lak harus dibersihkan dengan lilin khusus yang digosok di lantai dengan kain lembut. Hal ini harus dilakukan setiap empat bulan sekali.

Tumpahan di lantai parket dapat meninggalkan bercak. Saat tumpahan terjadi, oleskan pembersih kayu non-abrasif dengan kain lembut. Untuk menghilangkan bekas yang membandel.